Senin, 17 Februari 2020

Sudut pembelajaran

SUDUT PEMBELAJARAN
SMANUSA INSPIRASIKU

Presentasi Materi Nikmatnya Menuntut Ilmu
X MIPA-3
Selasa, 21 Januari 2020

APA SALAH ILMU, KOK DITUNTUT?

Materi ini mengingatkanku saat mengajar 4 tahun yang lalu. Ditengah-tengah menerangkan materi tiba-tiba seorang anak yang lebih sering menyendiri angkat tangan hingga menghentikan pembelajaran. Saya pun bertanya padanya apa yang hendak disampaikan. Dia kemudian bertanya, "Bu, apa salah ilmu, kenapa dia kok dituntut?"
Sontak seluruh anak mengomentari pertanyaannya, hingga satu anak nyeletuk, "Bu, udah gak perlu dijawab. Dia emang anaknya aneh."

"Oh ya, wah ini pertanyaan yang sungguh menarik lho, dan ini pas, sebab kelas ini adalah kelas bahasa. Coba kita renungkan, kira² kenapa ilmu kok dituntut. Identik dengan apakah kata '"dituntut'"?" tanya saya pada anak-anak.

"Di pengadilan Bu, menuntut orang yang bersalah." jawab salah seorang dari mereka.

"Betul, nah untuk apa dituntut?" tanya saya kembali.

"Untuk mencari kebenaran." jawabnya.

"Nah, betul sekali. Itulah tujuan kita menuntut ilmu; untuk mencari, menggali, meneliti dan membuktikan kebenaran dari suatu ilmu yang selanjutnya kita berusaha keras menerapkan kebenaran itu dalam perilaku kita.

Itulah jawabanku pada mereka, Wallahu a'lam.

Entah bagaimana pendapat Anda tentang cerita pengalaman di atas. Namun, dalam pembelajaran materi tersebut saya selalu meminta anak² untuk mencari tokoh keilmuwan yang menginspirasi mereka agar selalu semangat menuntut ilmu, kapanpun, dimanapun, dan pada siapapun.
Selanjutnya mendiskusikan dan mempresentasikan untuk melatih keberanian mengkomunikasikan.

Wallahu a'lam bishshowab

Salam Nusa Lovers.

#smadoubletrack #smanusa #smanu1gresik #smanusagresik #nusaday #forzasmanusa #smanusaale #indonesia #kotagresik #gresik #nu #nahdlatululama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar